Blog Single

22 Jan

RAPAT RUTIN PERTAMA DPD REI LAMPUNG PADA TAHUN 2019

Pertemuan Pertama Anggota REI DPD Lampung pada tahun 2019

Tidak terasa tahun 2018 telah berlalu. Bagi pengusaha tentunya tutup tahun, mesti banyak yang mesti dievaluasi. Ada kesuksesan, kegagalan, kesalahan, cerita, dan lainnya yang yang mewarnai kegiatan usahanya. Namun, apapun bentuknya mesti menjadi pondasi untuk menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Menyongsong tahun 2019 yang di Indonesia, DPD REI pun bergegas untuk mengumpulkan anggotanya untuk mengadakan pertemuan anggota REI DPD Lampung tahun 2019. Tujuan utama mengevaluasi yang telah dilakukan pada tahun 2018 dan merencanakan program kerja tahun 2019.

Pertemuaan DPD REI tahun 2019 pertama ini dijadwalkan pada tanggal 11 Januari 2019 pukul 2 siang. Berlokasi di kantor DPD REI, Ruko Citra Persada, Jl. H. Agus Salim, Kaliawi, Tj. Karang Pusat, Kota Bandar Lampung.

7 Hal Pembahasan Rapat Rutin Pertama DPD REI Lampung pada tahun 2019

Setelah dibuka langsung oleh Ketua DPD REI Lampung, Bapak Djoko Santoso, acara banyak dipandu oleh Sekretaris Umum. Bapak Uri Muslimin sebagai Sekretaris Umum menyampaikan, setidaknya ada 7 (tujuh) hal yang akan dipaparkan yaitu :

1. Evaluasi MOU dan Pogja 2018
2. Rangkaian acara HUT REI ke-47
3. Penetapan target pembangunan rumah oleh perusahaan
4. Kegiatan bakti sosial terkait musibah tsunami Selat Sunda
5. Laporan Keuangan 2018
6. Laporan Penyelesaian Rehab Kantor DPD REI Lampung
7. Program kerja tambahan 2019

Mengappresiasi Prestasi program kerja 2018 DPD REI Lampung

Dalam penyampaian lebih detail, banyak hal yang terjadi di DPD REI Lampung pada tahun 2018. Banyak hal sangat disyukuri terutama terkait dengan MOU (memorandum of Understanding) dengan beberapa perbankan dan pihak lainnya yang juga terkait dengan usaha perumahan, dijelaskan beliau.

Bukan untuk berpuas diri, kembali hal ini ditekankan oleh Sekum. “Tetapi kita patut bersyukur bahwa banyak MOU yang telah dilakukan oleh DPD REI Lampung 2018. Terobosan MOU baru dengan Bank Mandiri, Bank BRI, Bank Artha Graha, BSM dan Bank BNI. Selain itu MOU dengan PLN, Kepolisian, TNI dan Pemerintah Daerah Lampung”.

Efek dari MOU ini seharusnya lebih mempermudah para anggota REI. MOU dengan bank, terkait pengucuran kredit bank atau persetujuan KPR. Pastinya belum akan maksimal mungkin, tetapi seharusnya bisa menjadi lecutan atau pengungkit untuk digunakan pengembangan usaha para anggota, ditekankan oleh Sekum.

PT. PLN (Persero) juga memberi kemudahan untuk pemasangan jaringan perumahan. Hal lama yang sering dikeluhkan oleh pengembang. Potensi pembangunan perumahan anggota polisi dan TNI yang berjumlah ribuan, merupakan potensi dashyat untuk para anggota REI Lampung.

Dengan MOU yang telah ada, Ketua DPD REI Lampung dan Sekretaris Umum menyemangati para anggotanya untuk optimis menyambut 2019 dengan semangat baru.

DPD REI Lampung Menyambut tahun 2019 dengan program kerja

Bersyukur atas semuanya, usia yang semakin matang. Tidak terasa tahun 2019 ditanggal 11 Februari adalah HUT ke-47 REI. Memeriahkan HUT adalah kegiatan bersyukur yang telah dipelihara oleh pendahulu DPD REI Lampung. Dengan peringatan tersebut diharapkan agar kekuatan bersama organisasi tetap terjaga.

Diputuskan HUT REI tingkat DPD akan diselenggarakan pada tanggal tersebut, yaitu 11 Februari 2019. Sedangkan, diinfokan bahwa agenda HUT REI Nasional direncanakan pada bulan April 2019 di Surabaya.

Adapun rangkaian acara HUT REI tingkat DPD diputuskan yaitu :
1. peluncuran website dpd REI Lampung www.dpdreilampung.com
2. Expo REI Lampung di Mall Boemi Kedaton Pada akhir bulan Februari sd Maret 2019 (tentatif terkait ketersediaan tempat).
3. Peluncuran applikasi listing perumahan anggota dpd REI pada saat expo REI(lanjutan program kerja website).
4. Kegiatan bakti sosial terkait musibah tsunami Selat Sunda.

Program kerja ketua DPD REI Lampung, untuk terus membenahi database perumahan di Lampung selama masa kepimpinannya, rencana tindak lanjut MOU dan tantangan era digitalisasi, menjadi landasan penting untuk program kerja tahun 2019.

MOU dengan bank akan disambut dan dilanjutkan secara internal pula dengan membenahi internal anggota-anggotanya, termasuk salah satunya melakukan pelatihan-pelatihan.

Dan yang tidak kalah penting adalah penetapan target pembangunan rumah di Lampung kepada anggota tahun 2019. Ditetapkan sebanyak 9000 unit rumah. Penetapan target ini berdasarkan kesuksesan para anggota 2018 mememuhi 6000 rumah. Namun target ini akan dievaluasi terlebih dahulu dan akan ditetapkan dalam waktu secepatnya.

Akhir pertemuan pembahasan keuangan dan program kerja lainnya

Selaiknya organisasi dengan laporan pertanggungjawabannya, Bapak Andi Traveno sebagai Bendahara Umum DPD REI Lampung pada akhir pertemuan membacakan laporan keuangan 2018 dengan lugas dan tegas. Terdapat saldo positif atas kegiatan asoasiasi yang akan digunakan dengan sebagaimana-mestinya.

Kemudian, disambung dengan laporan kegiatan rehab bangunan gedung DPD REI 2018. Rehab bangunan telah selesai dan biaya atas bangunan ini disampaikan dan ditetapkan sebagai sumbangan dari ketua REI DPD Lampung untuk kemajuan REI.

Menutup acara dengan keoptimisan, sepanjang 2019 ditetapkan pula akan diselenggarakan beberapa jenis pelatihan. Salah satunya adalah pelatihan digital marketing untuk para anggota REI Lampung. Dan yang paling menarik dan banyak mendapat tanggapan yaitu pelatihan pembiayaan murni syariah. Dijanjikan oleh salah satu anggota, pelatihan akan berkolabarasi dengan pihak yang memang berkompetensi mengenai hal berkaitan dengan pembiayaan syariah.

Viva DPD REI Lampung, kita sambut 2019 dengan semangat berkarya.

Related Posts

Leave A Comment